Kamis, 18 November 2010 By: adjier77@yahoo.com

Jelly Mentimun dan Durian Prima Tani Kota Padang


ImageJelly sayuran dan buah-buahan adalah minuman  yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti mentimun atau durian yang diberi tambahan tepung jelly sebagai pengental, gula tebu  sebagai pemanis, garam dan asam sitrat. Sesuai dengan tuntutan pasar pada saat ini, yaitu kembali ke alam maka produk jelly yang dihasilkan tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan,.
        Jelly sayuran dan buah-buahan mengandung unsur nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Oleh karena itu dapat dikatakan sebagai minuman fungsional, yang merupakan minuman berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tertentu, antara lain darah tinggi, membersihkan pencernaan, meremajakan kulit dll.       
        Umumnya semua sayuran dan buah-buahan yang mempunyai aroma khas dan tajam dapat diolah menjadi jelly, diantaranya mentimun, wortel, durian, markisa, nangka, dan nenas. Sayuran dan buah-buahan yang diolah menjadi minuman jelly dapat dari sayuran dan buah-buahan yang tidak laku terjual karena over produksi  atau sayuran dan buah-buahan afkiran yang masih baik. Jadi minuman jelly dapat memecahkan permasalahan yang selalu dihadapi oleh produk-produk hasil pertanian saat musim panen raya, yaitu turunnya harga.        
        Proses pembuatan jelly sayuran dan buah-buahan tidaklah suilit hanya dengan  peralatan sederhana, dan biaya yang murah. Pengusahaannya dapat dilakukan dalam skala rumah tangga, baik secara perorangan ataupun berkelompok (kooperatif) seperti kelompok tani
PEMBUATAN JELLY MENTIMUN DAN DURIAN 
         Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan jelly mentimun adalah buah mentimun, tepung jelly, gula pasir, garam dan asam sitrat.  Peralatan yang digunakan adalah: baskom, pisau, blender, panci, kompor, cup es krim atau gelas plastik, dan lemari pendingin (show case/kulkas) untuk mempercepat proses pengentalan.Prosedur pembuatan jelly mentimun diawali dengan mengupas, mencuci dan menghancurkannya dengan belender sampai menjadi bubur. Bubur mentimun dimasukan ke dalam panci besar, lalu ditambahkan air sebanyak 2,5 liter untuk 1 kg mentimun, kemudian disaring. Hasil saringan atau filtrat ditambahkan gula pasir, tepung jelly, garam dan asam sitrat. Penambahan bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan selera yang diinginkan. Selanjutnya campuran filtrat mentimun tersebut dipanaskan sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk. Terakhir, jelly mentimun dikemas dalam cup es krim atau gelas plastik dan didinginkan dalam show case atau kulkas. Setelah mengental, jelly mentimun ini dapat langsung diminum atau dipasarkan dan tahan disimpan dalam show case/kulkas selama 7 hari sedangkan jika  di luar (ruang terbuka) hanya tahan 2-3 hari.  
        Untuk pembuatan jelly durian, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging buah durian. Bahan lain dan peralatan yang digunakan sama dengan pembuatan jelly mentimun. Proses pembuatan juga hampir sama, kecuali, jumlah air yang ditambahkan adalah 2,5 liter untuk 150 gram daging buah durian. 
PENGEMBANGAN DI MASYARAKAT
        Pembuatan jelly mentimun dan jelly durian telah diperkenalkan kepada masyarakat melalui pelatihan dan pembinaan proses produksi di Kelompok Wanita Tani (KWT) Prima Lestari  Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Kota Padang, dengan bimbingan PRIMATANI Kota Padang. Proses produksi telah dimulai tetapi masih dalam taraf promosi kepada berbagai pihak, baik melalui rapat-rapat, pameran, dll.
Ke depan diharapkan jelly mentimun dan durian ini dapat menembus pasar swalayan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani, baik dari hulu maupun hilir, yaitu petani penghasil sayuran dan buah-buahan serta pengolah hasil. 


sumber:http://sumbar.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/hasil-litkaji-mainmenu-46/40-tanaman-pangan/64-minuman-sehat-tanpa-pengawet

0 komentar:

Posting Komentar